Hotel New Saphir Yogyakarta
Artikel

Kebun Buah Mangunan Yogyakarta: Wisata Alam yang Menyegarkan di Tengah Keasrian Perbukitan

Pendahuluan

Yogyakarta, kota yang kaya akan budaya dan sejarah, juga menyimpan pesona alam yang menakjubkan. Salah satu destinasi wisata alam yang semakin populer adalah Kebun Buah Mangunan. Terletak di daerah perbukitan Mangunan, Bantul, kebun ini menawarkan pengalaman liburan yang menyegarkan, memadukan keindahan alam dengan kesegaran buah-buahan.

Artikel ini akan membawa Anda menjelajahi setiap sudut Kebun Buah Mangunan, mulai dari sejarahnya, daya tarik utama, aktivitas yang dapat dilakukan, hingga tips berkunjung. Mari kita nikmati perjalanan virtual ke kebun buah yang menawarkan lebih dari sekadar buah-buahan segar, tetapi juga pemandangan alam yang memukau dan suasana yang menenangkan.

Sejarah Kebun Buah Mangunan: Dari Lahan Kritis Menjadi Wisata Andalan

Kebun Buah Mangunan didirikan pada tahun 2003 di atas lahan seluas 23 hektar yang sebelumnya merupakan lahan kritis. Melalui upaya reboisasi dan penghijauan, lahan ini berhasil diubah menjadi kebun buah yang subur dan produktif. Berbagai jenis pohon buah ditanam di sini, mulai dari mangga, durian, rambutan, jeruk, hingga jambu air.

Keberhasilan Kebun Buah Mangunan dalam menghijaukan lahan kritis dan meningkatkan perekonomian masyarakat setempat menjadikannya sebagai salah satu contoh sukses dalam pengembangan wisata berbasis masyarakat. Kebun ini dikelola oleh masyarakat setempat melalui kelompok tani dan menjadi sumber pendapatan bagi banyak keluarga.

Daya Tarik Utama Kebun Buah Mangunan

Kebun Buah Mangunan menawarkan berbagai daya tarik yang menjadikannya destinasi wisata yang menarik bagi pengunjung dari berbagai kalangan. Berikut adalah beberapa daya tarik utama yang dapat Anda nikmati di kebun ini:

1. Keindahan Alam yang Memukau

Kebun Buah Mangunan terletak di daerah perbukitan Mangunan yang menawarkan pemandangan alam yang indah. Hamparan kebun buah yang hijau, udara yang sejuk, dan suasana yang tenang menjadi daya tarik utama bagi pengunjung yang ingin melepas penat dari hiruk-pikuk perkotaan.

Dari ketinggian, Anda dapat menikmati panorama alam yang menakjubkan, termasuk pemandangan kota Yogyakarta, Sungai Oya, dan Gunung Merapi di kejauhan. Pemandangan ini semakin indah saat matahari terbit atau terbenam, menciptakan suasana romantis yang tak terlupakan.

2. Kesegaran Buah-Buahan

Sesuai dengan namanya, Kebun Buah Mangunan adalah surga bagi pecinta buah-buahan. Di sini, Anda dapat menemukan berbagai jenis buah-buahan segar yang ditanam secara organik, seperti mangga, durian, rambutan, jeruk, jambu air, belimbing, dan masih banyak lagi.

Anda tidak hanya dapat menikmati buah-buahan segar yang dipetik langsung dari pohon, tetapi juga dapat membeli buah-buahan tersebut sebagai oleh-oleh untuk keluarga dan teman-teman.

3. Spot Foto Instagramable

Kebun Buah Mangunan juga menawarkan berbagai spot foto yang menarik dan instagramable. Beberapa spot foto populer di kebun ini antara lain:

  • Hutan Pinus Mangunan: Hutan pinus yang rindang dan asri ini menjadi latar belakang yang sempurna untuk foto-foto Anda.
  • Gardu Pandang Mangunan: Dari gardu pandang ini, Anda dapat menikmati pemandangan alam yang menakjubkan dari ketinggian.
  • Jembatan Gantung Mangunan: Jembatan gantung ini menawarkan sensasi berjalan di atas ketinggian sambil menikmati pemandangan alam yang indah.
  • Rumah Hobbit Mangunan: Rumah hobbit yang unik dan lucu ini menjadi spot foto yang populer bagi anak-anak dan keluarga.

Selain spot-spot foto di atas, Anda juga dapat menemukan berbagai spot foto menarik lainnya di sekitar Kebun Buah Mangunan, seperti ayunan, hammock, dan dekorasi-dekorasi unik lainnya.

4. Aktivitas Seru dan Menarik

Kebun Buah Mangunan tidak hanya menawarkan keindahan alam dan kesegaran buah-buahan, tetapi juga berbagai aktivitas seru dan menarik yang dapat dilakukan oleh pengunjung. Beberapa aktivitas yang dapat Anda lakukan di kebun ini antara lain:

  • Berjalan-jalan di Tengah Kebun Buah: Nikmati udara segar dan suasana yang tenang sambil berjalan-jalan di tengah kebun buah yang hijau.
  • Memetik Buah Langsung dari Pohon: Rasakan sensasi memetik buah langsung dari pohon dan nikmati kesegarannya.
  • Berfoto di Spot-Spot Instagramable: Abadikan momen-momen berharga Anda di berbagai spot foto menarik yang ada di kebun ini.
  • Bermain di Area Bermain Anak: Ajak anak-anak Anda bermain di area bermain anak yang dilengkapi dengan berbagai permainan seru.
  • Berkemah: Nikmati suasana malam yang tenang dan asri dengan berkemah di area camping ground yang disediakan.
  • Outbond: Uji adrenalin Anda dengan mengikuti kegiatan outbond yang tersedia, seperti flying fox dan jembatan tali.

5. Wisata Edukasi

Kebun Buah Mangunan juga dapat menjadi sarana edukasi yang menarik bagi anak-anak dan keluarga. Di sini, Anda dapat belajar tentang berbagai jenis tanaman buah, cara menanam dan merawat tanaman, serta manfaat buah-buahan bagi kesehatan.

Kebun ini juga seringkali mengadakan kegiatan edukasi, seperti workshop berkebun, pengenalan jenis-jenis buah, dan kegiatan lainnya yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan kesadaran masyarakat tentang pentingnya pertanian dan lingkungan.

Aktivitas yang Dapat Dilakukan di Kebun Buah Mangunan

Selain menikmati keindahan alam dan kesegaran buah-buahan, ada banyak aktivitas menarik yang dapat Anda lakukan di Kebun Buah Mangunan. Berikut adalah beberapa di antaranya:

1. Menikmati Pemandangan dari Gardu Pandang

Salah satu aktivitas yang wajib dilakukan saat berkunjung ke Kebun Buah Mangunan adalah menikmati pemandangan dari gardu pandang. Terdapat beberapa gardu pandang yang tersebar di area kebun, masing-masing menawarkan pemandangan yang berbeda.

Gardu Pandang Pinus adalah salah satu gardu pandang yang paling populer. Dari sini, Anda dapat menikmati pemandangan hutan pinus yang hijau dan asri, serta pemandangan kota Yogyakarta dari kejauhan. Gardu pandang ini juga menjadi spot foto yang favorit bagi banyak pengunjung.

2. Berjalan-jalan di Hutan Pinus

Hutan Pinus Mangunan adalah salah satu daya tarik utama Kebun Buah Mangunan. Hutan ini memiliki suasana yang sejuk dan tenang, cocok untuk Anda yang ingin melepas penat dari hiruk-pikuk perkotaan.

Anda dapat berjalan-jalan santai di antara pepohonan pinus yang tinggi dan rindang, menghirup udara segar, dan menikmati suara alam yang menenangkan. Hutan Pinus Mangunan juga menjadi tempat yang ideal untuk melakukan aktivitas fotografi, piknik, atau sekadar bersantai bersama keluarga dan teman-teman.

3. Memetik Buah Langsung dari Pohon

Salah satu pengalaman yang tak terlupakan saat berkunjung ke Kebun Buah Mangunan adalah memetik buah langsung dari pohon. Anda dapat memilih sendiri buah-buahan yang ingin Anda petik, seperti mangga, durian, rambutan, jeruk, atau jambu air.

Pengalaman memetik buah langsung dari pohon memberikan kepuasan tersendiri, karena Anda dapat merasakan kesegaran buah yang baru dipetik. Selain itu, Anda juga dapat belajar tentang cara memetik buah yang benar dan mengetahui lebih banyak tentang jenis-jenis buah yang ada di kebun ini.

4. Berfoto di Spot-Spot Instagramable

Kebun Buah Mangunan menawarkan berbagai spot foto yang menarik dan instagramable. Anda dapat berfoto dengan latar belakang hutan pinus, gardu pandang, jembatan gantung, rumah hobbit, atau dekorasi-dekorasi unik lainnya.

Beberapa spot foto populer di kebun ini antara lain:

  • Hutan Pinus Mangunan: Hutan pinus yang rindang dan asri ini menjadi latar belakang yang sempurna untuk foto-foto Anda.
  • Gardu Pandang Mangunan: Dari gardu pandang ini, Anda dapat menikmati pemandangan alam yang menakjubkan dari ketinggian.
  • Jembatan Gantung Mangunan: Jembatan gantung ini menawarkan sensasi berjalan di atas ketinggian sambil menikmati pemandangan alam yang indah.
  • Rumah Hobbit Mangunan: Rumah hobbit yang unik dan lucu ini menjadi spot foto yang populer bagi anak-anak dan keluarga.

5. Bermain di Area Bermain Anak

Kebun Buah Mangunan juga menyediakan area bermain anak yang dilengkapi dengan berbagai permainan seru. Anak-anak dapat bermain ayunan, perosotan, jungkat-jungkit, atau sekadar berlari-lari di area yang luas dan aman.

Area bermain anak ini menjadi tempat yang ideal bagi keluarga untuk menghabiskan waktu bersama. Orang tua dapat mengawasi anak-anak mereka bermain sambil menikmati keindahan alam Kebun Buah Mangunan.

6. Berkemah

Bagi Anda yang ingin merasakan suasana malam yang tenang dan asri di Kebun Buah Mangunan, Anda dapat berkemah di area camping ground yang disediakan. Area camping ground ini dilengkapi dengan fasilitas yang memadai, seperti toilet, mushola, dan warung makan.

Berkemah di Kebun Buah Mangunan memberikan pengalaman yang berbeda dari berkemah di tempat lain. Anda dapat menikmati udara segar pegunungan, suara jangkrik di malam hari, dan pemandangan bintang-bintang yang indah.

7. Outbond

Kebun Buah Mangunan juga menyediakan fasilitas outbond yang dapat memacu adrenalin Anda. Beberapa kegiatan outbond yang tersedia antara lain flying fox, jembatan tali, dan panjat tebing.

Penulis Konten Hotel New Saphir Yogyakarta