Hotel New Saphir Yogyakarta
Artikel

Puncak Becici Yogyakarta: Keajaiban Hutan Pinus di Atas Awan

Pendahuluan

Yogyakarta, kota budaya dan sejarah yang kaya, juga menyimpan pesona alam yang menakjubkan. Salah satu destinasi wisata alam yang semakin populer adalah Puncak Becici. Terletak di Desa Muntuk, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Puncak Becici menawarkan pengalaman liburan yang berbeda, dengan keindahan hutan pinus yang menjulang tinggi, pemandangan matahari terbenam yang spektakuler, dan udara segar yang menyegarkan.

Artikel ini akan mengajak Anda menjelajahi Puncak Becici secara mendalam, mulai dari sejarahnya, daya tarik utama, aktivitas yang dapat dilakukan, hingga tips berkunjung. Mari kita nikmati perjalanan virtual ke puncak bukit yang menawarkan ketenangan, keindahan alam, dan pengalaman tak terlupakan.

Sejarah Puncak Becici: Dari Lahan Kosong Menjadi Wisata Populer

Puncak Becici dulunya adalah lahan kosong yang tidak terurus. Namun, potensi keindahan alamnya yang luar biasa menarik perhatian pemerintah setempat dan masyarakat. Pada tahun 2015, Puncak Becici mulai dikembangkan menjadi objek wisata dengan penanaman pohon pinus secara besar-besaran.

Upaya ini berhasil mengubah wajah Puncak Becici menjadi hutan pinus yang asri dan indah. Selain itu, dibangun juga berbagai fasilitas pendukung, seperti gardu pandang, jembatan gantung, dan area berkemah, untuk meningkatkan kenyamanan pengunjung.

Puncak Becici semakin populer setelah dikunjungi oleh Presiden Amerika Serikat ke-44, Barack Obama, pada tahun 2017. Kunjungan tersebut membuat Puncak Becici semakin dikenal oleh wisatawan domestik maupun mancanegara.

Daya Tarik Utama Puncak Becici

Puncak Becici memiliki sejumlah daya tarik yang menjadikannya destinasi wisata yang menarik bagi pengunjung dari berbagai kalangan. Berikut adalah beberapa daya tarik utama yang dapat Anda nikmati di Puncak Becici:

1. Keindahan Hutan Pinus yang Menjulang Tinggi

Daya tarik utama Puncak Becici adalah hutan pinusnya yang menjulang tinggi dan rindang. Pohon-pohon pinus yang berusia puluhan tahun menciptakan suasana yang sejuk, tenang, dan menenangkan. Berjalan-jalan di antara pepohonan pinus akan memberikan pengalaman yang menyegarkan, baik bagi tubuh maupun pikiran.

Hutan pinus Puncak Becici juga menjadi habitat bagi berbagai jenis burung dan satwa liar lainnya. Jika Anda beruntung, Anda dapat melihat burung-burung yang berkicau riang di antara pepohonan atau tupai yang melompat dari satu dahan ke dahan lainnya.

2. Pemandangan Matahari Terbenam yang Spektakuler

Puncak Becici terkenal dengan pemandangan matahari terbenamnya yang spektakuler. Saat matahari mulai terbenam, langit di atas Puncak Becici akan berubah warna menjadi jingga, merah, dan ungu. Pemandangan ini semakin indah dengan siluet pepohonan pinus yang menjulang tinggi.

Banyak pengunjung yang datang ke Puncak Becici khusus untuk menikmati pemandangan matahari terbenam. Mereka biasanya datang pada sore hari dan menunggu hingga matahari terbenam sambil menikmati suasana yang romantis.

3. Udara Segar yang Menyegarkan

Puncak Becici terletak di ketinggian sekitar 380 meter di atas permukaan laut. Hal ini membuat udara di Puncak Becici sangat sejuk dan menyegarkan. Udara segar ini sangat baik untuk kesehatan, terutama bagi Anda yang tinggal di perkotaan dengan polusi udara yang tinggi.

4. Spot Foto Instagramable

Puncak Becici menawarkan berbagai spot foto yang menarik dan instagramable. Beberapa spot foto populer di Puncak Becici antara lain:

  • Gardu Pandang: Terdapat beberapa gardu pandang yang tersebar di Puncak Becici. Dari gardu pandang ini, Anda dapat menikmati pemandangan hutan pinus, kota Yogyakarta, dan matahari terbenam yang spektakuler.
  • Jembatan Gantung: Jembatan gantung yang terbuat dari kayu ini menjadi spot foto yang favorit bagi banyak pengunjung. Jembatan ini menawarkan sensasi berjalan di atas ketinggian sambil menikmati pemandangan alam yang indah.
  • Hammock: Terdapat beberapa hammock yang digantung di antara pepohonan pinus. Anda dapat bersantai di hammock sambil menikmati udara segar dan pemandangan yang indah.
  • Ayunan: Terdapat beberapa ayunan yang dapat Anda gunakan untuk berfoto. Ayunan ini memberikan kesan yang ceria dan menyenangkan.

5. Aktivitas Seru dan Menarik

Puncak Becici tidak hanya menawarkan keindahan alam, tetapi juga berbagai aktivitas seru dan menarik yang dapat dilakukan oleh pengunjung. Beberapa aktivitas yang dapat Anda lakukan di Puncak Becici antara lain:

  • Berjalan-jalan di Hutan Pinus: Nikmati udara segar dan suasana yang tenang sambil berjalan-jalan di antara pepohonan pinus yang tinggi dan rindang.
  • Berfoto di Spot-Spot Instagramable: Abadikan momen-momen berharga Anda di berbagai spot foto menarik yang ada di Puncak Becici.
  • Berkemah: Nikmati suasana malam yang tenang dan asri dengan berkemah di area camping ground yang disediakan.
  • Outbond: Uji adrenalin Anda dengan mengikuti kegiatan outbond yang tersedia, seperti flying fox dan jembatan tali.
  • Bersepeda: Jelajahi keindahan alam Puncak Becici dengan bersepeda. Terdapat jalur sepeda yang cukup menantang untuk Anda yang suka berpetualang.

Aktivitas yang Dapat Dilakukan di Puncak Becici

Puncak Becici menawarkan berbagai aktivitas menarik yang dapat dinikmati oleh pengunjung dari berbagai usia dan minat. Berikut adalah beberapa aktivitas yang dapat Anda lakukan di Puncak Becici:

1. Menikmati Pemandangan dari Gardu Pandang

Puncak Becici memiliki beberapa gardu pandang yang tersebar di berbagai titik. Setiap gardu pandang menawarkan pemandangan yang berbeda, namun semuanya sama-sama indah. Anda dapat memilih gardu pandang yang sesuai dengan keinginan Anda, baik yang menghadap ke hutan pinus, kota Yogyakarta, atau matahari terbenam.

Salah satu gardu pandang yang paling populer adalah Gardu Pandang Seribu Batu. Gardu pandang ini terbuat dari batu-batu alam yang disusun sedemikian rupa sehingga menyerupai bentuk hati. Dari gardu pandang ini, Anda dapat menikmati pemandangan hutan pinus yang luas dan indah, serta pemandangan kota Yogyakarta dari kejauhan.

2. Berjalan-jalan di Hutan Pinus

Hutan pinus Puncak Becici merupakan tempat yang ideal untuk berjalan-jalan santai. Udara yang sejuk dan suasana yang tenang akan membuat Anda merasa rileks dan nyaman. Anda dapat berjalan-jalan di antara pepohonan pinus yang tinggi dan rindang, atau mengikuti jalur trekking yang telah disediakan.

Jalur trekking di Puncak Becici cukup mudah untuk dilalui, sehingga cocok untuk pengunjung dari segala usia. Sepanjang jalur trekking, Anda akan disuguhi pemandangan hutan pinus yang indah, serta suara burung-burung yang berkicau riang.

3. Berfoto di Spot-Spot Instagramable

Puncak Becici memiliki banyak spot foto yang menarik dan instagramable. Anda dapat berfoto dengan latar belakang hutan pinus, gardu pandang, jembatan gantung, atau hammock.

Beberapa spot foto populer di Puncak Becici antara lain:

  • Gardu Pandang Seribu Batu: Gardu pandang ini memiliki bentuk yang unik dan menarik, sehingga menjadi spot foto yang favorit bagi banyak pengunjung.
  • Jembatan Gantung: Jembatan gantung yang terbuat dari kayu ini menawarkan pemandangan hutan pinus yang indah dari ketinggian.
  • Hammock: Bersantai di hammock sambil menikmati pemandangan hutan pinus yang indah adalah pengalaman yang tak terlupakan.
  • Ayunan: Berfoto di ayunan dengan latar belakang hutan pinus akan memberikan kesan yang ceria dan menyenangkan.

4. Berkemah

Puncak Becici menyediakan area camping ground yang cukup luas untuk Anda yang ingin berkemah. Area camping ground ini dilengkapi dengan fasilitas yang memadai, seperti toilet, mushola, dan warung makan.

Berkemah di Puncak Becici adalah pengalaman yang tak terlupakan. Anda dapat menikmati suasana malam yang tenang dan asri, melihat bintang-bintang di langit, dan bangun pagi dengan pemandangan matahari terbit yang indah.

5. Outbond

Bagi Anda yang suka tantangan, Puncak Becici menyediakan fasilitas outbond yang cukup lengkap. Anda dapat mencoba flying fox, jembatan tali, panjat tebing, atau kegiatan outbond lainnya.

Kegiatan outbond di Puncak Becici akan memacu adrenalin Anda dan memberikan pengalaman yang tak terlupakan. Selain itu, kegiatan outbond juga dapat meningkatkan kerjasama tim dan kepercayaan diri.

6. Bersepeda

Puncak Becici juga memiliki jalur sepeda yang cukup menantang. Anda dapat menyewa sepeda di sekitar Puncak Becici dan menjelajahi keindahan alamnya dengan bersepeda.

Bersepeda di Puncak Becici adalah cara yang menyenangkan untuk menikmati udara segar dan pemandangan yang indah. Selain itu, bersepeda juga merupakan olahraga yang baik untuk kesehatan.

7. Mengunjungi Desa Wisata

Puncak Becici terletak di Desa Muntuk, sebuah desa wisata yang memiliki potensi wisata yang besar. Selain Puncak Becici, Desa Muntuk juga memiliki beberapa objek wisata lainnya, seperti Air Terjun Lepo, Hutan Pinus Pengger, dan Kampung Dolanan.

Anda dapat mengunjungi desa-desa wisata ini untuk mengenal lebih dekat kehidupan masyarakat setempat, serta menikmati berbagai produk lokal, seperti kerajinan tangan

Penulis Konten Hotel New Saphir Yogyakarta